Senin, 12 Oktober 2015

Memulai Bersepeda



Olahraga sepeda adalah salah satu olahraga yang memiliki banyak penggemar. Selain untuk olahraga, bersepeda juga dapat digunakan untuk alat transportasi murah dan menyehatkan. Bersepeda memiliki keunggulan dibanding kebanyakan olahraga lain, yaitu tidak didapatkan tekanan pada sendi lutut (tidak menopang berat badan dan tidak ada gerakan loncat).
Dengan semakin maraknya olahraga sepeda di Indonesia, semakin banyak orang yang tertarik untuk mulai bersepeda sebagai bagian dari gaya hidupnya. Hanya saja untuk sebagian besar, pemilihan jenis sepeda menjadi salah satu tantangan bagi seorang calon pesepeda untuk pertama kali memulai rencana mereka untuk membeli sepeda. Sepeda jenis apa yang harus saya beli? Ada berapa jenis sepeda? Apakah bersepeda merupakan olahraga yang mahal?
Umumnya masyarakat hanya mengenal 2 jenis sepeda. Sepeda gunung, yang umumnya dipakai untuk medan atau jalanan yang lebih bervariasi, bahkan sampai ke gunung-gunung, atau sepeda jalan, yang umumnya digunakan sebagai alat transportasi sehari-sehari. Sepeda jengki, sepeda onthel, bagi sebagian awam, masuk kedalam jenis sepeda ini. Pada prinsipnya sepeda manapun di atas dapat digunakan di jalan raya, tetapi optimalisasi berbeda tiap jenisnya. Misalnya sepeda untuk down hill alias menuruni bukit, mempunyai suspensi yang sangat panjang dan kuat, ban dengan tonjolan yang dalam untuk menggigit di tanah atau lumpur, apabila digunakan di jalan raya akan sangat tidak efisien dan menghabiskan tenaga pengendaranya.



Ada juga "aliran" sepeda lipat, alias sepeda dapat dilipat jadi kecil, memudahkan untuk mobilisasi, mudah dimasukkan mobil dan dibawa kemana-mana. Sepeda lipat juga mempunyai kelemahan, diantaranya diameter ban yang kecil mengakibatkan stabilitas berkendara relatif lebih rendah, yang kedua adalah frame yang tidak se-kaku frame yang tidak bisa dilipat juga akan mempengaruhi stabilitas.
Tidak ada sepeda yang sempurna dapat dipakai untuk segala medan, tidak pernah melihat sepeda jalan raya dipakai untuk perlombaan down hill atau sepeda down hill memenangkan tour de france. Tentukan pilihan Anda terlebih dahulu, sesuaikan dengan budget yang ada, jangan tergiur barang yang mahal hanya karena pengaruh teman atau iklan. Rasakan dulu dengan alat yang seadanya, upgrade sambil jalan menyesuaikan kemampuan berkendara Anda.
Lalu apa yang harus saya lakukan untuk dapat memilih sepeda? Pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih rute Anda bersepeda. Apabila murni di jalan raya, mungkin akan memilih sepeda jalan raya, atau mungkin Anda tidak yakin bisa dipilih sepeda yang diantaranya seperti tipe hybrid.
Selain jenis sepeda, ada beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bersepeda. Gunakan aksesoris yang menunjang keamanan dan kenyamanan Anda berkendara. Helm adalah mutlak diperlukan, gunakan helm yang khusus untuk bersepeda dan sesuai dengan ukuran kepala Anda. Lampu depan dan lampu kedip warna merah di belakang Anda juga sangat dibutuhkan apabila Anda berkendara sebelum matahari terbit atau setelah matahari tenggelam. Tempat minum juga merupakan perangkat wajib, dehidrasi adalah musuh utama bersepeda. 
Ketika bersepeda, ikutlah komunitas. Buat kelompok dengan teman sebaya, teman kantor atau bahkan komplek rumah. Adanya peer group membuat Anda lebih semangat melakukan kegiatan ini. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa adanya peer group membuat seseorang lebih cepat menyelesaikan goal dan dapat melakukan lebih lama dibanding melakukan sendiri.
Ketika sudah nyaman bersepeda Anda dalam perjalanan akan mulai punya hasrat untuk melakukan perbaikan atau peningkatan beberapa bagian dari sepeda Anda. Pertanyaan yang sering didengar adalah "Apa dulu yang saya upgrade?". Upgrade paling efisien adalah melakukan upgrade benda yang berputar, seperti ban, velg, rantai, hub, crank, dsb. Alat untuk mengganti gigi belakang dan depan juga dua hal yang sangat perlu diperhatikan, mengganti perangkat ini membuat pergantian gigi lebih cepat dan nyaman.


Setelah Anda berhasil membeli sepeda pertama anda, beserta pelbagai aksesoris dan piranti tambahan untuk membantu menambah kenyamanan anda dalam bersepeda, kini waktunya bagi Anda untuk sedikit melirik kepada beberapa peranti tambahan yang dapat membantu anda meningkatkan performa anda nantinya. Yang paling murah dan sederhana, adalah aplikasi yang dapat anda unduh pada perangkat telpon genggam anda. Anda dapat mengunduh aplikasi seperti Strava, Runtastic Road bike, Runkeeper, dan beberapa aplikasi lain untuk memantau perkembangan aktivitas sepeda Anda. Dari aplikasi tersebut, anda bisa mengetahui seberapa jauh anda telah bersepeda, berapa kecepatan tertinggi anda, dan juga jumlah kalori yang telah anda habiskan saat Anda bersepeda.




Tidak hanya itu, bila aplikasi-aplikasi ini tidak cukup memberikan informasi dalam seluk-beluk teknis sepeda anda, anda dapat mulai berinvestasi kepada cyclocomputer, yaitu sebuah piranti komputasi kecil yang dapat membantu anda mengetahui irama denyut jantung anda saat bersepeda, putaran pedal yang dapat anda lakukan, sampai berfungsi sebagai speedometer dan odometer, seperti layaknya sebuah kendaraan bermotor.
Singkat kata, kesimpulannya:
-       Tentukan tipe jalan Anda selama bersepeda
-       Tentukan Budget
-       Beli sepeda, helm, tempat minum
-       Gabung atau buat komunitas bersepeda
-    Download Strava di smartphone Anda, monitor terus proses bersepeda Anda dan buat kompetisi yang menarik dengan teman Anda melalui Strava.

Artikel untuk majalahdokter.com edisi 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar