Minggu, 25 Oktober 2015

MARKICAL (Mari Kita Mancal) - “Banyak Mancal Banyak Rejeki”


Bersepeda merupakan olah raga low impact yang bisa dilakukan secara individu atau tim bersama dengan teman berkelompok jadi sangat menyenangkan.
 Manfaat rutin bersepeda
1.    Kardiovaskular
Jantung yang sehat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda secara teratur dapat menstimulasi dan meningkatkan kinerja jantung, paru-paru dan sirkulasi darah. Otot jantung menjadi lebih kuat, denyut nadi lebih teratur dan mengurangi tingkat lemak darah.

2.    Osteoarthritis
Bersepeda meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan koordinasi pada otot alat gerak. Bersepeda adalah cara olahraga ideal bagi penderita osteoarthritis di lutut karena akan  memperkuat otot-otot di daerah lutut terutama otot Quadriceps dan Hamstring sehingga sendi lutut menjadi stabil dimana gesekan dan tekanan pada persendian menjadi minimal.
3.    Kanker
Beberapa studi yang telah dilakukan pada hubungan antara olahraga dengan kanker, terutama kanker usus dan payudara. Riset menunjukkan jika kita bersepeda, kemungkinan terserang kanker usus dan kanker payudara akan turun.
4.    Diabetes
Angka diabetes tipe 2 terus meningkat dan menjadi perhatian bagi kesehatan masayarakat. Kurangnya melakukan aktifitas fisik diperkirakan menjadi alasan utama meningkatnya kondisi tersebut. Riset lebih dari 12 tahun, melibatkan 21.000 orang di Finlandia, menemukan bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari mendapatkan 40% resiko yang lebih rendah terhadap diabetes.
5.    Psikologis
Kondisi kesehatan mental seperti depresi, stres dan kecemasan dapat dikurangi dengan rutin bersepeda. Hal ini disebabkan oleh efek dari olahraga itu sendiri dan karena kenikmatan ketika bersepeda.

“DID YOU RIDE YOUR BIKE TODAY?”

dr. Theri Effendi, SpOT 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar