Sabtu, 16 Januari 2016

Shoes Fitting by JUP the aerob*tt

Pengalaman pribadi, pertama kali beli sepatu ber cleat, bingung nih mau taruh mana cleatnya.. apa asal aja, atau dicoba-coba yang paling enak yang mana?

Thanks God YSCC isinya banyak orthopedist jagoan.. ternyata ada science dibalik itu.

Artikel dari JUP aka aerobutt semoga membantu.. Thx bro.. semoga sukses sekolahnya di Bangkok :)
  
Filosofi:
Titik tengah dari poros pedal (as pedal) harus segaris dengan "ball of foot". Titik ini secara biomekanis adalah titik optimal untuk pedalling paling efisien dan transfer power yang maksimum.


Langkahnya:

1. Mulailah dengan melepas cleat dari sepatu

2. Duduk, letakkan dua kaki telapak kaki di lantai

3. Rasakan tonjolan tulang kaki Anda menggunakan jempol atau jari telunjuk, cari "ball of foot" (dapat dirasakan sebagai tonjolan tulang di sisi kaki, dibawah jempol dan kelingking)


5. Pasang kaos kaki dan sepatu Anda, rasakan tonjolan tadi, proyeksikan pada sepatu Anda dan beri tanda pada sepatu Anda

Note dari editor:
Saya pernah melakukan bikefit di www.louebicycles.com oleh Timothy Lim, Tim menggunakan metode yang lebih akurat, menandai tonjolan tadi dengan magnet tipis, kemudian direkatkan di kaki menggunakan selotip. setelah kaos kaki dan sepatu dipasang, magnet yang lain ditempelkan ke sepatu dan kemudian proyeksi kaki tadi terlihat dari magnet yang melekat di sepatu. Beri tanda pada magnet di sepatu. Magnet kecil seperti ini dapat dibeli dengan harga murah di Bukalapak.com

6. Lakukan pada telapak kaki dan sepatu sisi lain.


7. Titik tengah antara dua titik yang Anda tandai tadi adalah menandakan titik titik tengah dimana cleat seharusnya terpasang.


8. Setelah mengetahui titik tengah ini, Anda sudah mengetahui lokasi netral dimana lokasi tersebut adalah lokasi yang baik untuk sebagian besar rider.

9. Walau demikian, lokasi ini tidak sepenuhnya nyaman untuk semua orang. Harus dilakukan analisa bagaimana Anda berdiri dan berjalan. Apabila ada kecenderungan berjalan ke sisi lateral (sisi luar tubuh), lakukan sedikit rotasi cleat ke arah luar, dan sebaliknya bila ada kecenderungan ke arah dalam, rotasikan ke dalam.



10. Lakukan pemasangan cleat, pastikan marker di sepatu Anda sesuai dengan titik tengah di cleat, seringkali ada tanda di cleat untuk menunjukkan titik tengah seperti pada gambar.

11. Coba kendarai sepeda Anda, lakukan fine adjustment bila dirasa perlu.

12. Apabila sudah dirasa pas, jangan lupa tandai posisi ini di sepatu Anda untuk memudahkan pemasangan cleat baru bila cleat lama sudah hancur.

Semoga Bermanfaat


Penulis:
dr. Jeffry Andrianus Muslim, SpOT
JUP the aerobutt
Instagram @drjuportho
Twitter @drjuportho 

Editor:
dr. Hari Nugroho, SpOG
Instagram @drharinugroho 

5 komentar:

  1. mungkin bagusnya ada layanan fitting sepatu cleat di praktek dokter jeffry uhhukkk

    BalasHapus
  2. Boleh dong jd first customer utk coba

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Boleh dong jd first customer utk cleat fitting nya bro Jup

    BalasHapus